tentang rohmah cipz

Foto saya
halo,^^ selamat datang di blog pribadiku "CERPEN WARNA" bisa hub aku di: https://www.facebook.com/rohmah.cipz

Rabu, 08 Mei 2013

cerpen LONELY by rohmah cipzz


LONELY @home “1”
By: rohmah cipzz

        Cewek berkaus oblong panjang berwarna putih tengah duduk di dekat jendela. Ia tengah asik menikmati gerimis damai diluar. Hujan yang menurutnya  begitu damai dan tenang. Iramanya menyenangkan. Tanpa ada kegaduhan suara petir dan angin
kencang. Cewek bernama selly itu lagi sendirian dirumah. Dia hanya tinggal dengan sang papa dan bik umi. Mama nya menderita sakit jiwa semenjak kehilangan anak keduanya yang meninggal waktu masih berumur tiga bulan. Semenjak saat itu papa selly harus bekerja lebih keras karena hanya dia tulang punggung keluarga dan agar tetap bisa menyekolahkan selly.
        Papa nya jadi makin sibuk dan selalu gak ada waktu buat selly. Sering banget papa nya gak pulang dan berhari-hari di luar kota. Dirumah selly hanya berdua ama pembantu nya.
Dia pun gak punya teman di kompleks situ. Entah napa mereka pada ilfil padanya ketika udah tau kalo mama nya selly sakit jiwa dan kini di rawat di RSJ.
        “bik. Papa hari ini gak pulang lagi ya?” tanya selly ama bik umi. Karena biasanya papa pamit sama bik umi ketika selly udah berangkat sekolah.
        “iya mbak. Tadi bapak pamit katanya mau ada kepentingan di luar kota. Kira2 lima hari baru pulang mbak..”
        “oh .. oke ,”
        Selly kembali memalingkan wajahnya ke jendela. Kembali menatap gerimis damai. ketika gerimis tiba ia selalu merasa sendiri dan teringat semua kesedihannya. Luka yang lama gak bisa ia lupakan dengan mudah. Selly sering merenung sendirian mengingat keadaan mamanya di rumah sakit jiwa. Ia perih melihat mama yang melahirkannya jadi kayak gitu. Ia harus memendamnya sendiri. karena gak ada yang mengerti.

@@@

        “mbak. Sarapan nya udah siap..” kata bik umi di depan kamar selly.
        “iya bik bentar” dengan setengah terburu-buru selly bersiap-siap. Pagi ini ia bangun kesiangan karena semalam susah tidur. Ia gak begitu memperdulikan penampilannya seperti biasanya. Cuek dan apa adanya banget.
        Ketika udah selesai sarapan selly begegas keluar rumah dan berjalan menuju halte bus yang menuju sekolahnya. Ketika uda sampe halte, tiba2 gerimis datang. Sebelumnya emang udah mendung sih . untung selly bawa payung dan lagi pula ini kan di halte.
        Sampe disekolah masih terasa rintik-rintik sisa gerimis tadi. ia terkejud melihat cewek2 di sekolahnya yang terkenal menyebalkan.
        “eh selly. Kamu gak mampu beli sepatu baru ya? Sepatu lusuh kayak gitu masih aja dipake. Kayak nya itu dari kelas satu belum juga diganti-ganti. Kasiaan banget gak ada yang perhatiin.. hahaha” seru salah satu cewek yang emang penampilannya modis dan uptodate .
        “ya pantas lah vin. Ibu nya kan gila. Jadi siapa yang mau merhatiin dia gitu? Hahaha. Malah bener ya nasipnya.”
        “eh jaga ya mulut2 monyong kalian”
Selly udah makin emosi, ia hendak bergerak maju untuk melawan anak2 sombong itu. tapi putri temen sekelasnya menghalau langkahnya.
        “udah sel. Gak usah di dengerin omongannya nenek2 lampir macam mereka” kata putri tegas.
Lalu selly dan putri pun melangkah menuju kelasnya. Untung si geng anak2 sombong yang selalu merasa segalanya itu bukan sekelas mereka. Mereka kakak kelas selly dan putri. Udah kelas tiga makanya gaya nya sok banget berkuasa. Geng anak2 sombong itu terkenal suka mengurusi urusan orang lain. suka merendahkan orang yang mereka kira lebih rendah dari mereka. Padahal disini udah jelas siapa yang LEBIH rendah. Karena orang yang menghina pasti LEBIH rendah dari orang yang dihinanya.
        “sell. Kamu habis nangis ya?” tanya putri ketika mereka udah sampe kelas dan menunggu datangnya guru mapel pertama.
        “hehe. Keliatan ya put? Jadi malu deh”
        “gak papa kog. Wajar lagi . kalo gak bisa nangis malah bahaya kali. Emang nangis kenapa sel? Crita donk”
        Selly menghela napas panjang. “aku kangen mama put. Aku kangen mama yang dulu.. waktu masih SMP dulu.”
Putri mengerti kepedihan hati selly. Ia menepuk halus pundak kanan selly.
        “semangat selalu ya sell. Pasti ada hikmah dibalik semua ini. biar kamu gak terlallu sedih, ntar pulang sekolah jenguk mama mu aja yuk”
        “iya put. Aku emang ada niat jenguk mama hari ini. ,,” seulas senyum kembali terkembang di bibir mungil selly. Ia dan putri tertawa bersama untuk mengusir kesedihan itu.

@@@
        Sesuai rencana selly dan putri mengunjungi mama selly di rumah sakit jiwa. Setelah puas melepas kangen ama mama, selly mengajak putri ziarah ke makam adiknya. Ketika sampe di makam, selly diam sambil berdoa dalam hati agar adiknya selalu bahagia disana. Setelah selesai berdoa dan pamitan di samping makam adiknya, selly beranjak disertai putri. Ketika selly akan berdiri dan hendak berjalan pulang tiba2 ia menabrak seseorang. Keduanya sama2 terjatuh. Putri yang berada di belakang selly membantu selly untuk bangun.
        “aduuuh bisa hati2 gak sih???” komen cowok itu .
        “kamu yang harus nya lebih berhati-hati. masa gak liat di sini ada orang? Kan bisa lewat jalan lain” balas selly gak mau kalah.
        “udah deh. dari pada salah2an gak selesai2. Mending aku pergi aja dari sini. Huh” kata cowok itu akhirnya.
        “huu...” balas selly dan kemudian segera beranjak untuk pulang. karena waktu udah sore dan sepertinya mau hujan. Gak tau napa ketika berjalan pulang selly tiba2 pengen noleh ke belakang. Ia melihat cowok itu tengah duduk di samping makam. Mungkin itu makam keluarga nya pikir selly. Di mata selly sepertinya dia cowok baik2. Mana mungkin cowok jahat mau meluang kan waktu untuk mengunjungi makam keluarga nya.
::::::::;;;
        Sampe dirumah. Selly kembali kesepian. Rumah selly dan putri berbeda arah. jadi putri jarang maen kerumahnya selly. Waktu pulang selly disambut oleh bik umi dan menyiapkan minuman. Tiga puluh menit kemudian hujan turun dengan derasnya. Setelah selesai mandi selly nonton tivi sambil menikmati suasana hujan yang udah gak begitu deras lagi. hawa dah mulai terasa dingin. selly membuat susu hangat untuk menemani nonton tivinya. Bi umi sepertinya lagi sibuk di dapur.

@@@

        Pagi yang gak begitu cerah, di jalanan masih basah oleh air hujan. Cuaca pun masih mendung. Dan udara terasa dingin. selly mengenakan jaket yang cukup tebal warna hitam dan abu2. Jaket dengan motif yang jauh dari kesan feminin. Ia melangkah dengan semangat menuju pemberhentian bis yang menuju sekolahnya. Ia juga tak lupa membawa payung di tas nya untuk berjaga-jaga kalo kalo nanti hujan pas pulang sekolah.
        “pagi selly..”
        “pagi juga put.”
        Selly melewati hari ini di sekolah dengan riang gembira. Ketemu mama dan ke makam adiknya kemarin membuat hatinya lebih bersemangat menjalani hidup. Ia juga gak baik jika harus terus bergelimang dengan kesedihan dan luka lama.
        “mending kamu cari cowok deh sell. Jadi biar gak lonely lagi.hehe.” saran putri agak mengejutkan selly.
        “yee. Emang cari pacar tuh gampang?”
        “gampang donk..”
        “kalo asal pacar aja sih gampang. Tapi kalo pacar yang berhati tulus sih udah pasti cucah di cari kali..”
        “kalo niat pasti nanti ketemu kog”
        “o yeaaaa??? Aku tunggu!” jawab selly agak sewot.
        “hahaha”
Teeeeettttt. Akhirnya bel yang paling teristimewa pun berdering juga. Selly segera mengajak putri keluar kelas. Sebenernya selly malas pulang karena paling dirumah sepi dan hanya bik umi yang ditemui nya. papa masih ada urusan diluar kota. Emang sih kalo pulang selly selalu mendapat oleh2, tapi semua itu gak bisa mengganti adanya kawan yang selama ini ia impikan.
        Waktu tengah asik jalan menuju halte. Selly memutuskan untuk mengajak putri mampir ke toko buku dulu. coz dia lagi pengen punya novel teenlit baru. Si putri pun mengiyakan karena ia juga suka baca.
        Selly lagi asik2 nya milih2 novel teenlit yang mau dibelinya. Siputri lagi sibuk cari novel karangan ilana tan. Katanya ia emang suka banget ma novel2 karangan ilana tan. Sedangkan selly paling suka ma novel teenlit , novel yang membahas cerita2 remaja yang pastinya penuh warna dan gejolak.
        Selly tertarik pada suatu novel dan tangannya hendak meraihnya namu tiba2 ada tangan lain yang juga ingin menyentuh buku itu. dengan berusaha sesigap mungkin selly mengambil novel itu.ia gak mau kalah karena hanya tinggal satu. ternyata dua tangan itu sampe pada saat yang sama.
        “aku dulu” seru selly
        “aku”
        “akuuuuu” selly ngotot ,ia gak rela jika hari ini gak dapat novel incarannya.
        “aku dulu..”jawab cowok itu gak mau kalah.
        Dari pada nunggu lama berdebat akhirnya selly mengambil denga paksa novel itu. yup ia dapat!
        “weeeekkk.. ini emang ditakdirkan wat aku. udah sana kamu cari novel lain. lagian masa cowok kayak kamu mau baca novel teenlit sih?”
        “yee kalo aku suka emang napa ? masalah?”
        “yee aku Cuma pengen tau. Juga masalah? ,, udah deh. sana pergi. Aku dah gak mau diganggu lagi”
        “eh tunggu dulu..” sela cowok itu. “kayaknya aku gak asing wajah kamu”
        “oh baru sadar? Kan calon artis masa depan” jawab selly sok2 lebay biar cowok itu ilfil dan segera pergi.
        “kita pernah ketemu sebelumnya. Kayaknya di makam deh. yang kita sama2 jatuh itu. kamu inget gak?”
        “oh yang kemarin? itu kamu? kog beda sih?”
        “beda gimana?”
        “mending yang kemarin.. ,,udah deh gak usah banyak basa basi, aku very very sibuk. Kamu mending menyingkir secepatnya. Otre??”
        “gak mau! ,, aku mau kenalan” aih-aih nih cowok pede nya selangit batin selly. Tapi berani juga dia. thats good. Sepertinya emang cowok baik2.
        “okay. Karena aku lagi hepi gara2 bisa dapetin novel ini. kamu ku perbolehkan kenalan dengan senang hati.”
        “kamu ku perhatikan dari tadi lebay banget sih . ,, nama ku tama . kamu siapa?”
        “eh jangan salah, lebay2 gini ngangenin lho. Aku selly. ,,”
        Lewat perkenalan itu kini selly punya teman baru yang bernama tama. Orangnya lumayan cakep, kulit coklat muda dan tampak bersih. Rambutnya dengan gaya sederhana namun enak diliat . penampilannya pun biasa aja tapi udah oke lah. Gak buruk2 amat. Meskipun kalo belum kenal tuh kesannya tama anaknya nyebelin dan egois. Tapi kalo udah kenal ternyata anaknya asik juga. Batin selly. Ia makin betah ngobrol ama tama sampe lupa kalo dia bawa temen. Yaitu putri.hehe. dasar selly.. lagaknya gak begitu minat cari pacar , eh pas dapet kenalan cowok langsung gak inget keberadaan si putri. Dasar eror!
        “oya kamu kesini sama capa sell?” tanya tama.
        “ups..” selly tiba2 teringat putri. Ia celingak celinguk mencari putri . oh ternyata putri ada di deretan rak majalah kuliner. Si putri emang suka coba2 masak gitu. Kalo selly males banget kali. Huhuw. Kemudian selly menghampiri putri sekalian memperkenalkan si tama kepada putri.
        “put.. ,,kenalin nih. Temen baru”
        “hai.. aku tama”
        “hai juga . aku putri. Ow gak sengaja ketemu di toko buku ini ya?” tanya putri.
        “oh gak kog put. Aku dan tama baru kenalan. kamu inget gak? dia kan cowok yang kemarin buat aku terjatuh waktu di makam” terang selly.
        “oh iya ya. Aku baru inget. Pantas gak asing gitu ama wajahnya. ..”
        Pulangnya tama berkeras mengantar selly dan putri pulang. awalnya selly jelas2 menolak. Apa2an sih baru kenal langsung ngantar pulang. tapi karena tama memaksa yang judulnya sebagai permintaan maaf karena kemarin menabrak dan tadi sempet debat gara2 rebutan novel teenlit tadi. dan kebetulan tama membawa mobil serta ia bosan sendirian. Akhirnya pun selly bersedia di antar.
        “makasih ya dah mau ngantar” kata selly ketika udah sampe di depan rumahnya. Si putri udah di antar duluan ke rumahnya.
        “iya. Em sell. Pertemanan kita gak hanya sampe disini aja kan? Maksudku aku boleh kan nelpon ato sms kamu setiap waktu?”
        “gak masalah kog. Lagipula hape ku juga gak sibuk2 amat . hehe. Jadi gak masalah kalo ada yang mau telpon ato sms. Hehe”
        “tukeran nomer hape yuk”
        “oke”
:::::::::::
        Selly masuk kamar dengan berbinar-binar. Ia gak nyangka kalo akan dapat teman baru. Ia adalah cowok yang keliatannya baik-baik. jadi ada peluang untuk dapat pacar kan? Ahhaha. Meskipun sering sendirian, selly emang kadang sering lebay dan heboh sendiri. apa mungkin itu efek dari rasa kesepiannya? Entahlah. Hanya selly dan Tuhan yang tau. #lebay.com
Bersambung duyuuu.... ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar