tentang rohmah cipz

Foto saya
halo,^^ selamat datang di blog pribadiku "CERPEN WARNA" bisa hub aku di: https://www.facebook.com/rohmah.cipz

Kamis, 21 November 2013

cerpen remaja "sesuatu tentang jo 1"

Sesuatu tentang Jo 1
by rohmah cipzz
       hujan rintik-rintik gak menghalangi langkah joya menuju panti asuhan. Setiap hari sepulang kuliah dia menyempatkan diri datang ke panti asuhan peninggalan papanya. Dengan langkah
cepat yang terkesan buru2 joya gak memperlihatkan senyum sedikitpun. Ia selalu berusaha gak ada seorang pun yang mengenalnya atau tau aktifitasnya sekarang.
       Mama joya kerja jadi pedagang baju, dia juga kadang mendesain baju2 sendiri sekaligus distributor berbagai macam baju. Dengan kerja kerasnya, mama joya bisa menguliahkan joya, dan mengurus panti asuhan peninggalan suami.
       “kakak” seru salah satu anak yang paling deket ama joya.
       “hai, udah pada makan belum? Nih kakak bawain martabak telor, dimakan yah”
       “wah, enak nih,makasih kak” mereka menuju ruang tengah untuk makan sambil nonton tivi. ibu pengurus panti yang adalah bibi joya selalu senang ketika joya datang. Anak2 selalu menyukai joya.
       “aku gak bisa lama2 bi, banyak tugas kuliah. ya udah aku pulang dulu ya”
       “padahal bibi baru mau masakin enak buat kamu. tapi ya udah, kuliah kamu juga penting buat masa depan kamu. hati2 ya”
       “daa bi” joya melangkah pulang.
@@@
       Dikampus. Waktu jeda kuliah, joya menyibukkan diri di taman kampus buat baca novel. Baru dua hari ini dia baca novel remaja yang ia beli di toko buku. jo selalu konsentrasi baca novel sampe gak sadar ada yang selalu memperhatikannya dari kejauhan.
       “makin hari makin mempesona” gumam seorang cowok.
       “dia kan misterius dan aneh lagi” jawab cowok lainnya.
       “aku gak peduli, hatiku selalu mikirin dia”
       “ya ela lebay amat, emang hati punya otak bisa mikirin segala?”
       “gak masalah yang penting aku suka dia”
       “iya deh yang jatuh cinta. cewek idaman selalu di nomor satukan”
       “aku harus bisa deket ama jo”
       Lama2 joya sadar ada yang ngawasin dia, joya menoleh ke arah pohon besar yang dibelakangnya ada cowok tadi dan dua temennya. ketika sadar joya melihat ke arahnya, si cowok dan temen2nya segera ngumpet. Karena udah gak nyaman joya memutuskan pergi dari taman.
@@@
       Dikelas, si cowok selalu terbayang-bayang oleh wajah joya. Hem.. gimana cara mendekatinya ya? batin cowok itu.
       “jon, ngelamun apa kamu?” tanya anton temen joni.
       “joya lah, siapa lagi?” sahut aldi.
       “yeah kamu bener di, aku selalu mikirin joya akhir2 ini”
       “emang kamu serius ya? gak takut ditolak? Dia kan dingin gitu”
       “kan aku udah bilang, aku gak peduli”
       “dia aneh bro”
       “no problem. Aku tetep suka”
       “udah jangan komporin orang yang lagi jatuh cintrong, gak mempan tau” sahut aldi.
       Dikelas, joya tiba2 inget papa. ia kecewa banget ama dia sejak sipapa ditangkap polisi karena  kasus penipuan, ternyata selama ini papa nya sering melakukan penipuan. Sungguh bikin kecewa joya dan mama. Mereka terpuruk dan hidup mulai dari nol. Mama joya menggunakan tabungannya untuk membuka usaha pakaian. Mereka udah gak sekaya dulu tapi seenggaknya ini lebih baik dari pada kaya tapi gak halal.
       Joya gak pernah mengunjungi papa di rutan, mama yang sering mengunjungi. Karena udah terlanjur kecewa, joya malas ketemu bokapnya.
@@@
       Pulang kuliah, joya kayak biasanya ke toilet umum dulu dan pake wig rambut cowok dan kacamata agar gak ada yang mengenalinya. Ia kemudian melangkah cepat menuju panti asuhan. Kabar ayah joya jadi tersangka penipuan diliput koran, ia gak mau orang ngenalin dia sebagai anak penipu.
       Langkahnya jo yang cepat kadang buat dia ceroboh. Joya tabrakan ama orang lain.
       “hei hati2 donk, eh kamu em kok kayaknya..” seru joni terpotong. Joya yang merasa posisinya gak aman langsung pergi.
       “hei kok gak minta maaf dulu sih? aneh, tapi kog gak asing gitu, ah udah deh” joni melanjutkan jalan. Joya masih ngumpet di balik dinding, untung joni udah pegi, jadi dia bisa melanjutkan jalan ke panti.
@@@
       Esoknya, joni nunggu joya di gerbang kampus. waktu joya udah dateng dia melihat ada sesuatu yang bikin dia inget. kalung joya kok kayaknya dia gak asing. Joya sadar joni serius banget ngamati dia dari atas sampe bawah, bikin dia gak nyaman. joya cepat2 masuk kampus. jangan2 dia tau kalo kemarin itu aku? aduuhhh.. parah deh .
       “jo, tunggu, aku di gerbang nunggu kamu tau. kok kamu malah pergi gitu aja sih?”
       “ngapain kamu nunggu aku sih? pentingnya apa?” tanya joya.
       “hehe. ya gitu deh joy, aku mau masuk kampus bareng ama kamu”
       “gak usah kurang kerjaan gitu deh. kita beda kelas jadi gak perlu bareng2 juga” joya berlalu pergi. Ia gak mau ketahuan lebih dalam.
       “kok kalung joya sama ama cowok kemarin yang nabrak aku ya. dan aku juga gak asing ama dia, jangan2.. ya ampun”
       “tunggu jo” joni mengejar joni.
       “apalagi?”
       “kayaknya kemarin aku tabrakan ama kakak kamu deh. kamu punya kakak cowok ya?” pertanyaan joni bikin joya pengen segera lari.
       “gak. aku anak tunggal. udah deh kamu gak perlu kepo gak dibayar juga, aku pergi dulu”
       “eh tunggu joya sayang, eh ups hehe keceplosan, tapi muka nya sama kayak kamu jo”
       “kalo gak ada yang penting aku pergi aja deh”
       “jangan donk, iya2 kita bahas lain aja. em jadi kamu habis kuliha mau kemana?” tanya joni.
       “aku pergi dulu” sergah joya cepat sambil segera berlalu. Gak mungkin banget kan dia bilang habis kuliah mau ke panti. Ntar di kintil joni lagi dan joni jadi tau semua kalo dia anak penipu. Jangan sampe deh itu terjadi. Karena kalo joni tau, kemungkinan semua temen2 kampus juga bakal tau.
@@@
       Pulang kuliah. joya menuju panti. Sampe di gang panti, joya kerasa ada yang ngikutin dia, joni yang membuntutinya dari kampus tadi. joya buru2 cari jalan pintas agar orang itu gak tau dia kemana.
       “eh kemana dia? hah hilang jejak” gumam joni. Joni memutuskan pulang.
       Dirumahnya. Joni merenung di jendela kamar.
       “aku gak ngerti deh ama jo, kenapa sih dia selalu menghindari orang lain? apa aku menyeramkan? Unyu2 gini gak mungkin bikin cewek takut. Huh.. gimana ya” “aku tau jo, kemarin2 yang nabrak aku tu kamu, kamu nyamar kan? Tapi kenapa sih kamu gak mau aku deketin? Aku gak mempermasalahkannya jo, kalo emang kamu hobi pake wig cowok, aku gak bakal keberatan nrima itu. aku pengen deket kamu jo” curhat joni sambil menerawang ke langit. Kucing tetangga mendekat ke arahnya seakan prihatin dengan kegalauan joni.
@@@
       “hei anak penipu, kuliah disini kamu rupanya?” tanya seorang cewek yang keliatan kaya. Joya bete, napa harus ketemu dia disini sih.
       “gak usah bilang aku anak penipu napa sih? emang gak cukup bokap aku masuk penjara?”
       “gak lah. aku dendam banget ama keluarga kamu, bikin mama ku kena serangan jantung waktu tau kami di tipu” jawab sani.
       “kami udah minta maaf dan bokap ku masuk penjara. Gak cukup?”
       “mungkin. Tapi aku juga mulai punya hobi godain anak penipu tuh hahaha”
       “whatever, aku sibuk males denger omongan nenek lampir” joya menuju kampus. siaalll batinnya kesal.
       setelah sani pergi, joni muncul dari balik dinding. Apa mungkin karena itu kamu selalu menghindar jo? tanya joni getir.
       “aku harus ngomong empat mata ama jo” gumam joni.
@@@
       “hahaha dasar penipu, anak penipu, huuu memalukaaannn,, pake uang haram tuh, ih jangan deket2 deh. huuu” joya gelisah denger teriakan2 memedaskan telinga itu. ia berusaha tegar tapi ia takut, dia merasa dikeroyok, dikepung, joya ditengah2 hanya bisa menutup telinga dan berdoa agar semua ini cepat berlalu. Tapi teriakan2 makin heboh.
       “stoooppppp” teriak joya sambil bangkit. Ya Tuhan.. untung Cuma mimpi.
       “kenapa jo?” tanya mama kawatir denger teriakan joya
       “mimpi buruk ma”
       “minum air putih dulu nih”
       “trims”
       “mama kedapur dulu ya” pamit mama. Joya hanya mengangguk. tiba2 hape nya berdering. Sms dari joni.
Pagi joya sayang. Udah bangun belum? J J. Isi sms joni.
       “dasar lebay. Andai kamu tau aku yang sebenernya, apa kamu masih mau panggil sayang?” gumam joya getir. (backsound u-kiss “take me away”)

bersambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar