tentang rohmah cipz

Foto saya
halo,^^ selamat datang di blog pribadiku "CERPEN WARNA" bisa hub aku di: https://www.facebook.com/rohmah.cipz

Selasa, 07 Agustus 2012

Tersenyumlah Sahabatku.. cerpen ramadhan..


Tersenyumlah sahabatku ^^
Oleh: A.R

        Juli, 2012...
Tidak terasa, bentar lagi puasa. Pasti udah banyak orang mulai siap-siap, entah itu hanya sebatas kesadaran bahwa bentar lagi puasa ato ada juga yang mulai mengganti wallpaper dekstop ato hape dengan gambar2 bernuansa ramadhan. Asik deh kalo gitu. Jadi pastinya pada semangat menyambut puasa.


..............

“bentar lagi puasa ya? , gak krasa. Waktu begitu cepat berputar . apa menurutmu juga gitu ra?”
“iya, aku juga ngrasa kalo waktu tuh cepet banget berlalu. Tau2 bentar lagi puasa. Trus bulan depan udah tujuh belas agustusan, , padahal kayak baru kemarin lebaran. , hehe”
“kamu puasa tahun ini ada suatu perubahan gak dari puasa tahun kemarin?”
“perubahan? ,, oh iya ada. Kalo puasa tahun kemarin kan aku gak ikut semester pendek, tapi tahun ini aku ikut.hehe. , karena udah saatnya untuk memperbaiki nilai dan juga mumpung banyak temen. , trus aku juga mau di ajak temenku untuk jualan takjil di pahlawan. ,, kayaknya sih puasa tahun ini bakal seru, aku harap gitu. Aamiin. Kalo rencana kamu sendiri gimana din?”
“aku gak begitu tau ra, aku kan gak ikut semester pendek, jadi mungkin liburan ntar aku pulkam, sebenarnya pengen melewati puasa disini,tapi aku harus sering pulkam untuk membantu ibuku mengurus ayahku yang sekarang udah mulai sakit2an.”
“em, tabah ya din. Aku doakan moga ayahmu bisa kembali sehat bugar kayak dulu lagi, aamiin. Trusss... sekarang senyum donk...:D”
“:D”

...............

        Puasa udah jalan 2 hari. Rara entah kenapa merasa ini begitu berat. Ia yang suka makan mungkin itu salah satu penyebabnya. Dihari awal2 puasa dia seperti listrik konslet. Ia perlu menyesuaikan diri rupanya. Tidak seperti sahabatnya dina yang enjoy-enjoy aja melewati hari2 puasa. Karena si dina emang udah terbiasa puasa sunah, jadi ia sudah terbiasa dengan keadaan seperti itu.
“haduuuh.. kok sahabatku yang biasanya heboh ini sekarang jadi loyo siih?” komen dina ama rara yang tengah telihat tanpa semangat sedikit pun.
“iya nih din, aku sama sekali gak semangat menjalani hari-hari kalo di tasku kosong jajan dan minum .hehe. biasanya tasku kan rame, sekarang sepi”
“namanya juga puasa. , udah.. semangat donk. , “
“hoooooaaaahhhmmm.. aku malah ngantuk nih. . ,”
“gak heran... , kamu kan emang ngantuk’an”
“yeee... , , ini manusiawi tau”
“percaya....”
:p
Itulah saat2 yang paling disuka rara, dimana sahabatnya perhatian dan mau menyemangatinya yang memang lagi butuh penyemangat itu.
................

To: dina
        Din, napa dari kemarin kamu gak masuk kuliah??

From: dina
        Ra, ayahku sakit nya tambah parah, harus dibawa ke rumah sakit. Aku harus ikut membantu ibuku. , . aku galau nih ra

To: dina
        Ya Alloh,, . tabah ya , aku bantu doa dari sini moga ayah kamu cepet sembuh. , semangat yah..

From: dina
        Aamiin. Trims ya sobat.


“eh, dina kok dari kemarin gak pernah masuk kuliah sih ra? Padahal dia kan termasuk mahasiswa yang rajin masuk?” tanya gita teman sekelas nya dina dan rara.
“dina pulkam ke pekalongan, karena ayahnya lagi sakit di rumah sakit. Dia harus bantu ibunya. ,”
“oh ya Tuhan.. , kalo gitu aku tak sms dia deh. , dia butuh suatu dukungan dan semangat dari teman. , ayo ra kita sama2 smsin dina. Biar dia gak sedih..” ajak gita.
“iya git, aku udah sms kok tadi. , makasih ya kamu udah mau mensupport. Super!”
“sebagai sahabat kita harus selalu kompak dan saling mensupport kan? Setuju?”
“banget”
“btw, puasa nya masih oke kan??” tanya gita ingin tau.
“hehe... alhamdulillah masih oke, . , kalo dirimu?”
“alhamdulillah juga masih gud. Hehe.”

“eh itu bukannya anjar, cowok yang di suka dina ya?” tanya rara ama gita.
“iya, lho kok akrab gitu ama cewek sih? , ada hubungan apa ya mereka?”
“tau, . tapi wateper deh, . aku gak mau menduga-duga dulu, kita ke perpus yuk!” ajak rara.
“yuk”

..............

“git, tau gak. Masa tadi malem pas aku ol, aku kan emang sengaja buka fb nya anjar, mencoba cari info gitu, ternyata anjar udah punya pacar, dan cewek yang kemarin2 itu adalah ceweknya. ,, sumpah deh git, aku gak tega kalo sampe dina tau. Kamu tau ndiri kan apa yang dina rasain ama anjar. , .menurutmu gimana?” seru rara.
“sama aku juga gak tega, apa sebaiknya kita biarkan dia tau dengan sendirinya? ,, tapi kayaknya itu gimana gitu ya? Masa kita sahabatnya tau tapi diem aja? ..”
“iya.. , kalo kita gak jujur, berarti bukan sahabat donk. Kalo kita nyimpen sendiri berita ini kesannya tuh kita egois. Kita kasih tau dia kalo dia udah masuk kuliah gimana?? ..”
“iya aku setuju kalo itu.”

.............

Biip...
Rara cukup kaget mendengar hape nya yang sedang ada sms. Dia tersadar dari lamunannya dan segera meraih hape di tasnya.
From: dina
        Ra.., git.. ,, . ayahku meninggal... 

To: dina
innalillahiwainnaillaihirojiun.. , ya Alloh din, sabar ya... , din apa aku dan gita harus kesana?”

from: dina
        trims. ,, tapi gak kesini gak pa pa ra, kalian kan ada kuliah. Aku gak bisa kalo harus merepotkan kalian. , minggu depan InsyaAlloh aku udah masuk kuliah. ,

to: dina
        baiklah.. , but.. kamu gak pa pa kan? ,, semangat ya? ,, .

from: dina
        sekali lagi trims ya ra.. , sampein juga ke gita. Tadi aku udah sms dia. ,, udahan dulu ya.. ,

...............

“ra, .. kamu tau gak?” tanya gita.
“mungkin..”
“aku sedih.”
“karena?”
“karena sahabat kita sedang berduka..”
“dina kah? ,, , sama git. , tadi aku menyemangati dina, tapi kok malah sekarang aku sama sekali gak semangat.. , ingin rasanya hari ini segera berlalu.”
“hu’um.. , katanya dina mau masuk minggu depan? Tadi dia sms aku.”
“iya , . kita doakan aja moga ia segera pulih dari keterpurukan dan bisa kuliah seperti biasa lagi.”
“aamiin”

.............

“din... alhamdulillah kamu udah masuk kuliah. ,.. kamu baik-baik aja kan? Ibu dan adikmu juga fine-fine aja kan??” tanya rara memberondong saking khawatirnya.
“seperti yang kamu lihat aku sekarang ra.. git. , . ibu dan adikku mungkin emang sedih, tapi mereka sekarang udah lebih ceria lagi kok.” Jawab dina parau dengan sisa isaknya.
“masih bisa sabar? , masih semangat kah?” tanya gita.
“alhamdulillah...”


Waktu jeda kuliah, rara dina dan gita menghabiskan waktu untuk ke perpus ato kalo gak ya ke musola. , dan hari ini mereka memilih untuk ke musola. , perasaan sedih membuat mereka tidak mud untuk berada di suasana perpustakaan.
“din, aku yakin kamu pasti tegar. Di antara kita, kamulah yang paling sering menghibur.. sering menyemangati aku dan gita yang sering galau ini. , jadi aku berasumsi bahwa kamu pasti super tegar dan tabah. , aku mau kasih tau sesuatu yang menurutku penting untuk hatimu.. , ternyata sekarang anjar udah punya pacar.. ,, maaf sebelumnya din” rara memulainya.
Tampak dina menghela napas tegar entah untuk kesekian kalinya pada hari ini. “iya , aku udah tau ra.. , dari kemarin-kemarin.. , malah aku tau dari orangnya langsung”
“ha? dari orangnya langsung? Kok bisa?” tanya gita penasaran.
“dia crita ke aku git.. ra.. , lewat sms. , dia curhat kalo dia lagi bahagia karena telah menemukan cewek yang dia idamkan selama ini. ,  dan aku gak bilang ama dia kalo ayahku meninggal. , aku rasa kayaknya aku gak perlu mengganggu dia yang lagi bahagia”
“tapi kayaknya kamu perlu ngasih tau dia deh.. ,”
“biarlah ra.. git. ,, dia lagi bahagia.. , “ dina berbicara tanpa ekspresi, tatapannya tampak sayu. Suasana jadi hening...
“din, are you oke?” tanya rara heboh yang tiba-tiba jadi semangat. Entah dari mana ia mendapat kekuatan yang mendadak itu.
Yang di sebelah terhenyak.. , menatap rara dan gita yang kini tengah tersenyum lebar.. kaget+tersadar.
“tersenyumlah sahabatku^^” seru rara dan gita bersamaan.
SELESAI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar