tentang rohmah cipz

Foto saya
halo,^^ selamat datang di blog pribadiku "CERPEN WARNA" bisa hub aku di: https://www.facebook.com/rohmah.cipz

Rabu, 15 Agustus 2012

cerpen indahnya ramadhan 4


Indahnya Ramadhan (4)
Oleh: A.R

        Sesuai yang telah direncanakan. Enam sekawan fika dkk segera berunding atas misinya “melakukan sesuatu” untuk kakak beradik yang membutuhkan bantuan mereka.
Hari minggu, mereka mempunya banyak waktu luang karena memang sekolah libur. Mereka berenam sepakat untuk membicarakan ini di rumah prisa.


“temen2,, tau gak .. aku punya kabar baik. ,” seru prisa girang. “ aku kan udah menceritakan tentang ini ke ortuku, dan alhamdulillah mereka mau membantu”
“alhamdulillah... , , “ jawab mereka bersama2.
“kalo ada ortu yang bantu, pasti jadi lebih baik lagi. , trus usaha dari kita apa sekarang??”
“aku ada rencana, gimana kalo mulai sekarang uang hasil jualan takjil kita pake untuk membantu mereka. , dan juga kalo uang hasil yang kemarin2 masih ada, kita pake aja untuk tambahan. Gimana ??” kata fika.
“ide bagus. , berarti kita bisa bantu dari uang takjil. Bantuan ortu, . prisa udah bilang ke ortu, kita yanglain juga bilang ke ortu yuk. , lebih banyak yang bantu kan lebih baik.”
“kamu bener dir.. , ntar habis ini aku mo ngomong ma ibuku. , adikku juga siapa tau dia mau bantu. , “ balas fika.
“eh.. , kalo inget kakak beradik itu, tiba2 aku jadi inget tentang kehidupan anak2 panti asuhan yatim piatu.  Kita juga harus membantu mereka. Walopun mungkin kita bisanya seadanya , tapi setidaknya kita membantu. Ya gak ?”
“iya iya.. , kamu bener banget. ,, . gimana kalo kita ngadain acara di sekolah berkunjung ke panti asuhan? ,, guru2 kita di ajak. , dan temen2 juga. Mereka pasti mau bantu. , seru kan pasti... “
“aku setuju tuh. ,, besok kita bilang ama pak masruri yuk. Dan juga anak2 rois di kasih tau. Mereka kan yang mengurusi tentang kayak ginian.., , oke???” seru prisa.
“oke.. ..” balas fika dan yang lainnya sambil mengacungkan jempol mereka.
        Tampaknya ... semakin hari mereka semakin bersemangat.. , generasi muda emang WAJIB bersemangat untuk hal2 positif.. ,


Cerpen ramadhan


Akhirnya mereka berenam segera mengusulkan ide ini ke guru agama dan organisasi keagamaan di sekolahnya. Alhamdulillah mereka dan guru2 yang lain juga setuju. Senin mereka bilang dan pada hari berikutnya mereka bekerja sama untuk mengumpulkan dana. soal panti mana yang akan di tuju, mereka udah menentukan nya. Panti baitul makmur dekat alun2 purwodadi.

Senin depan adalah hari H mereka berkunjung kesana. Hanya perwakilan guru2, guru agama, beberapa anggota organisasi rois, dan mereka berenam (fika dkk) yang di perbolehkan ikut ke panti. Mereka menuju ke panti setelah pelajaran terakhir selesai.

Oiya, untuk membantu kakak beradik itu, mereka memang gak melibatkan pihak sekolah. Dirasa bantuan dari mereka dan ortu2 mereka udah cukup. Tiap akhir pekan mereka silahturahmi ke rumah kakak beradik dan ibunya, sekalian untuk memberikan secuil bantuan yang berhasil mereka kumpulkan.

“alhamdulillah ya... , akhirnya rencana kita tinggal menghitung hari aja. Hehe. ,,  “ seru irma
“iya.. ,, ramadhan kali ini WOW banget.. , mulai dari kita dulu tiba2 pengen jualan takjil, ketemu kakak beradik itu, rencana ke panti langsung di setujui pihak sekolah. Dan aku hepi banget temen2 sekolah dan guru2 terlihat antusias untuk membantu anak2 panti itu. aku bersyukur banget ...” seru fika bersemangat.
“iya.. luar biasa deh pokoknya ramadhan tahun ini, . kita sama2 berdoa yuk, moga rencana2 baik kita dapat berjalan lancar. Aamiin” kata prisa.
“aamiin” seru mereka berlima kompakan.


        Akhirnya hari yang ditunggu untuk berkunjung kepanti datang juga. Jam 12 siang bel pulang udah berbunyi, mereka segera bergegas menuju lokasi tapi sebelumnya akan sholat duhur bersama di masjid baitul makmur alun2.
Di panti itu acaranya ngobrol2.. , pak guru agama juga tanya2 tentang keadaan panti itu, mereka juga ngobrol2 lucu dan santai ama anak2 panti yang kebanyakan masih kecil2.
“bagus kalau tiap sore anak2 pada belajar ngaji, dimana itu pak sekolahnya??” tanya pak masruri.
“masih di daerah kauman ini, namanya TPQ Arofah.. ,”
“o yang di depan tadi itu ya?  Tadi saya sempat melihat tulisannya..”
“iya pak betul..”
        Acara di akhiri dengan penyerahan bantuan, pamitan dan dilanjutkan dengan bersalam-salaman sambil melantunkan pujian. Senyum gembira terlukis di wajah masing2, entah itu dari pihak sekolah maupun pihak panti. Terutama adik2 panti yang terlihat sangat antusias kedatangan tamu.
Waktu udah menunjukkan pukul 15.33, kemudian mereka saling berpamitan untuk pulang kerumah masing2.
“alhamdulillah ya, lancar..” kata prisa
“alhamdulillah...” jawab mereka semua.


Cerpen ramadhan


        Sepulang sekolah pada hari selasa, mereka (fika dkk) gak langsung enak2an ato malas2an dirumah dan tidak mengerjakan apa2. Seperti biasa sepulang sekolah mereka belanja keperluan takjil di pasar induk purwodadi, ntar sore mereka gantian jualan  di simpanglima purwodadi. Mereka berenam menuju ke simpang dengan menggunakan tiga sepeda untuk 6 orang.

“jualan takjil di simpang enak juga. Walopun lebih jauh dari rumah” kata ade.
“iya. ,, tapi tetep oke, rame juga disini. , SEMANGAT!!” tukas fika.
“o yeeeee...” balas prisa. Yang lain tertawa..

“lho anak2, ternyata kalian jualan takjil tho? , bapak baru tahu” sapa pak masruri yang tiba2 cling muncul di samping stand takjil fika dkk.
“eh bapak. , . sore pak. Iya kami suka jualan takjil, tapi baru hari ini mencoba di simpang lima. Kemarin2 di alun2. J” jawab ana.
“oh. Bagus, jadi kalian ada kesibukan yang bermanfaat di bulan ramadhan ini. , , oh ya yang kemarin terimakasih ya kalian sudah mau menyalurkan ide mulia untuk membantu sesama” jawab pak masruri dengan segudang kewibawaanya.
“iya pak. Sama2. , .”jawab mereka berenam bebarengan. “bapak sering beli takjil di simpanglima ya??” tanya dira
“iya, . enak disini, rame..”
“istri dan anaknya kog gak ikut pak?”
“kalau sore istri saya lagi menyiapkan hidangan berbuka, anak2 lagi belajar ngaji, . karena saya tidak ada kerjaan jadi saya jalan2 ke simpang sekalian beli takjil untuk di bawa pulang” jawab pak masruri dengan tenang.
“oh... , kalo gitu pak masruri harus beli takjil kami,hehe. Di jamin enak deh pak. ,, pasti suka.” Tawar fika dengan ekspresi sok menyakinkan.
Pak masruri tergelak khas bapak2. “harus beli ya? ,, ya ya.. saya beli. Yang paling enak deh.. empat ya? ,”
“baiklah pak...”

        Tawa bahagia selalu mengiringi langkah mereka berenam, . meskipun ada gurat lelah di wajah masing2, tapi senyum semangat (smash mode on) selalu terpasang dengan anggun. Sebagai anak muda. Mereka telah menunjukkan SEMANGAT yang benar2 MUDA.. , dimana semangat itu membuat anak muda tak pernah takut lelah.. selalu bertindak untuk kebaikan sesama.. hingga mereka merasakan kebahagiaan yang tak ternilai harganya. Kesyukuran kepada sang Khalik telah membuat mereka menjadi anak muda yang semakin berhati cerah. Mengarungi hidup dengan kegembiraan apa adanya dan kesederhanaan yang indah. Bersama para sahabat yang saling menguatkan.. saling menyemangati.. mandiri..  dan persahabatan mereka atas kasih sayang tanpa syarat.

Besambung.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar