tentang rohmah cipz

Foto saya
halo,^^ selamat datang di blog pribadiku "CERPEN WARNA" bisa hub aku di: https://www.facebook.com/rohmah.cipz

Jumat, 20 Juli 2012

mari lebih peduli kesehatan bumi


budaya bersepeda di belanda. sehat, hemat energi, bebas polusi!


Belanda adalah negara yang bersih dan bebas dari polusi. tidak heran Belanda mendapat predikat one of the Best Country in the World to Live ( Dutch Daily News). Budaya bersepeda lah yang membuat tidak banyak pemakaian kendaraan bermotor di Belanda sehingga udara pun bersih & hemat energi.




Budaya bersepeda di Belanda sudah ada sejak tahun 1800-an. Hampir seluruh masyarakatnya merupakan pengguna sepeda yang dipakai untuk menjalankan kegiatan sehari-hari mereka. Selain menyehatkan, bersepeda juga menghemat energi alam dan bebas polusi. Menggunakan sepeda sebagai alat transportasi juga berarti berolahraga setiap hari. Cukup dengan bersepeda setiap hari pada saat bepergian.
Menurut artikel Intisari Agustus 2006 (“Ritual Bersepeda di Negeri Belanda“ halaman 106), hampir setiap orang di setiap penjuru Belanda menggunakan sepeda sebagai alat transportasinya. Berdasarkan keterangan dari salah satu situs lokal, 62 % perjalanan di negeri ini dilakukan dengan bersepeda. Murid sekolah, guru-guru, manajer bahkan menteri juga menggunakan sepeda.



Jangan heran di sana menjadi pemandangan lazim jika lelaki atau perempuan bergaya eksekutif atau mengenakan baju mode paling mutakhir nampak begitu nyaman mengayuh sepeda, yang rata-rata menyerupai sepeda onthel di Indonesia.

Pemerintah Belanda sangat mendukung budaya bersepeda ini. infrastruktur dan sarana untuk pengguna sepeda ini difasilitasi dengan baik. mulai dari alur khusus untuk pengendara sepeda yang ada di mana-mana. Antar kota dan propinsi. Pada jalur khusus ini juga terdapat rambu-rambu lalu lintas, lampu merah, dan terowongan.




Selain fasilitas diatas, di jembatan penyebrangan juga ada jalur khususnya untuk sepeda. Parkiran sepeda disana juga luas dan sangat memadai dan dilengkapi dengan fasilitas lain seperti perbaikan, penyewaan, dan penjualan. pengguna sepeda di Belanda mencakup semua umur. ke kantor, ke kampus, ke sekolah, ke pasar, kemanapun, masyarakat Belanda lebih suka menggunakan sepeda.




Belanda memang negara maju dan memiliki alat-alat transportasi yang canggih. tapi bukan berarti masyarakatnya lantas menghambur-hamburkan energi alam. Bagi masyarakat Belanda, kebersihan negara dan dan segala sesuatu tentang kebaikan negara adalah tanggungjawab bersama. Dari segi lingkungan, penggunaan sepeda juga merupakan hal yang efektif untuk menghindari pencemaran udara dan lingkungan.
sikap dan kepedulian ini patut dijadikan contoh bagi warga dan pemerintah Indonesia. bersepeda tidak harus menggunakan sepeda yang mahal. Warga Belanda sebagian besar sepedanya biasa dan standar.



Dengan bersepeda, kita juga menghemat BBM. bila pengunaan BBM dapat dihemat, maka subsi untuk BBM bisa dikurangi dan dipakai untuk mensejahterakan rakyat. perekonomian dan kondisi sosial masyarakat Indonesia pun bisa membaik. Banyak sekali kan manfaat bersepeda?.

bila Belanda bisa, Indonesia juga pasti bisa :). ayo budayakan bersepeda.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar