TUGAS MERANGKUM MAKUL STRATEGI PEMASARAN
by: Rohmah Cipzz
CRAVEN, DAVID W
(2006) STRATEGIC MARKETING
BAB 1. ORGANISASI PEMASARAN
LINGKUNGAN YANG
PENUH PERSAINGAN
Keanekaragaman
Pasar (Market Diversity): Dimensi Perubahan
Mengantisipasi perubahan pasar dan cepat tanggap
dalam melihat peluang yang menguntungkan di samping menghindari ancaman juga
merupakan prasyarat utama untuk mencapai keberhasilan pada era pasar yang
beraneka ini. kebutuhan pembeli semakin bervariasi sehingga pembeli yang
menjadi target pasar tertentu, pengertiannya pada masa sekarang menjadi lebih
sempit dibanding masa lalu.
Tantangan
Persaingan Global
Era persaingan baru. Disadari atau tidaknya oleh
manajemen korporasi, telah terjadi perkembangan yang sangat cepat pada berbagai
pasar di seluruh dunia. Negera-negara di kawasan Pasifik, Eropa Barat, Eropa
Timur dan kawasan lainnya menjanjikan padar dan sumberdaya baru untuk bersaing
seiring dengan perubahan dan perkembangannya. Persaingan di antara maskapai
penerbangan dunia menggambarkan era persaingan baru yang terus berkembang. Para
ahli industri memperkirakan beberapa keunggulan bersaing dibawah ini cukup
penting bagi maskapai penerbangan di tahun 1990-an:
·
Terjadinya lebih
banyak bandar udara dan ijin untuk mendarat
·
Kepemilikan real
estat dan peningkatan sarana infrastruktur pada pusat-pusat bisnis dunia
·
Pengoperasian
sistem jalur penerbangan antara pusat dan daerah yang efektif
·
Kemampuan
menanggapi perubahan kondisi yang terjadi di pasar secara tepat, seperti
penambahan atau penghapusan jalur-jalur penerbangan
·
Adanya kemudahan
dari pemerintah untuk memperoleh ijin penggunaan jalur penerbangan dan ijin
masuk lapangan terbang
Strategi
Bersaing Secara Global. Kepentingan dan perubahan ruang lingkup pasar
internasional yang semakin berkembang membutuhkan evaluasi strategi alternatif
untuk bersaing pada pasar yang sudah ada dan untuk memasuki pasar yang baru.
Bentuk organisasi harus mulai berubah menuju perusahaan global atau
transnasional. Perusahaan-perusahaan seperti ini melihat dunia sebagai arena
persaingan mereka.
Peningkatan Peran Pemerintah.
Pemerintah mempengaruhi lingkungan bisnis dengan melakukan negosiasi
perdagangan dan proteksi, deregulasi bidang industri, kegiatan antitrust
(seperti pemisahan AT&T), mendukung penelitian, memberikan insentif untuk
investasi, peralihan dari perusahaan pemerintah menjadi perusahaan swasta.
dalam rangka memberikan dukungan kepada perusahaan lokal, banyak pemerintah
yang ikut berpartisipasi dalam berbagai bidang.
Memandang Perubahan sebagai Peluang
Stragegi bisnis
dan pemasaran yang sukses menghendaki:
1. pengamatan
dan pemahaman terhadap para konsumen, pemasok, demografi, dan kecenderungan
perubahan teknologi
2. membuat
organisasi yang lebih adaptif dan fleksibel
3. menetapkan
sebuah visi yang dapat menentukan arah dari organisasi
4. mendorong
terbentuknya persatuan strategis antara organisasi dan orang-orang yang
berkepentingan terhadap perusahaan yang berasal dari luar, dengan cara
melibatkan para pelanggan dan pemasok dalam pelaksanaan organisasi
FOKUS KEPADA KONSUMEN
Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Kepuasan Konsumen
Pemuasan
konsumen harus disertai dengan pemantauan terhadap kebutuhan dan keinginan
mereka. Mengidentifikasikan atribut produk dan dukungan pelayanan yang dianggap
penting oleh para pembeli pada saat mereka membeli dan menggunakan produk
tersebut merupakan tujuan manajemen. Kepuasan konsumen dipengaruhi oleh sistem
pengiriman produk, performa produk atau jasa, citra produk/produk/merek, nilai
harga yang dihubungkan dengan nilai yang diterima konsumen, prestasi para
karyawan, keunggulan dan kelemahan para pesaing.
-
Sistem
pengiriman
-
Performa
produk/jasa
-
Citra
-
Hubungan
harga-nilai
-
Kinerja/prestasi
karyawan
-
Persaingan
Mencari Keunggulan
Bersaing
Konsep
pemasaran terdiri dari tiga elemen dasar:
·
Dimulai dengan
kebutuhan dan keinginan sebagai dasar tujuan bisnis. Mengenali kebutuhan dan
keinginan, kemudian memutuskan mana yang dicoba untuk dipenuhi
·
Selanjutnya,
tentukan bagaimana organisasi akan memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen.
Kepuasan konsumen adalah tanggung jawab semua anggota perusahaan, bukan hanya
mereka yang bertugas di fungsi pemasaran
·
Akhirnya,
gunakan semua kemampuan perusahaan untuk memberikan kepuasan konsumen dan
dapatkan keunggulan bersaing bagi perusahaan
Strategi Bisnis yang Berorientasi pada Konsumen
Persyaratan
pengembangan organisasi untuk berorientasi pada konsumen mencakup:
1. menanamkan
nilai dan kepercayaan untuk berorientasi pada konsumen yang didukung oleh
manajemen puncak
2. memadukan
orientasi pasar dan konsumen ke dalam proses perencanaan strategis
3. menciptakan
manajer pemasaran dan mengembangkan program yang kuat
4. menciptakan
dasar pengukuran kinerja atas dasar pasar
5. mengembangkan
komitmen kepada konsumen di seluruh organisasi
PENINGKATAN PENGARUH TEKNOLOGI
Ciri-ciri
penting:
·
Keunggulan
bersaing
·
Biaya tinggi
·
Daur hidup yang
pendek
·
Jangkauan
pilihan
·
Proses inovasi
·
Menganalisis
kebutuhan konsumen
·
Perusahaan
inovatif
Mutu
Produk dan Jasa
Topik tentang
mutu produk merupakan tajuk utama nasional sebagai suatu masalah persaingan
yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan Amerika. Secara tradisional, mutu
dapat dikatakan sebagai tanggung jawab pabrikan. Namun demikian, aplikasi
konsep dan metode peningkatan mutu merupakan hal penting untuk meningkatkan
kinerja semua fungsi bisnis.
Teknologi Informasi
Perusahaan J.C. Penney, pemimpin dalam
penggunaan informasi yang terkomputerisasi untuk perencanaan dan pengendalian,
telah mengembangkan suatu sistem informasi dan pendukung pengambilan keputusan.
(information and decision support system)
yang mengesankan. Perusahaan ini:
·
Melibatkan para
pemasok dalam sistem pertukaran data elektronik
·
Menggunakan
label dengan pengkodean (bar-code) pada barang dagangan untuk memasukkan data
ke dalam sistem pencarian dan pengendalian persediaan.
·
Penggunaan bank data
dari pengkodean tadi untuk aplikasi manajemen dalam analisis penjualan dan
kecenderungannya.
·
Penggunaan
pemrosesan citra (image-processing) untuk mentransmisikan citra produk ke para
konsumen melalui jaringan satelit televisi
Tanggung
Jawab Lingkungan
Teknologi memberikan organisasi suatu
cara menciptakan kepuasan dan kegunaan bagi konsumen. Produk-produk yang di
kembangkan dari teknologi baru tersebut juga melahirkan perhatian terhadap
perlindungan lingkungan dan kesejahteraan konsumen.
MENETAPKAN CARA BERSAING
-
Visi strategi
-
Menciptakan
keunggulan bersaing
-
Efektivitas
organisasional
-
Hubungan dengan
organisasi lainnya
ORGANISASI PEMASARAN
-
Organisasi
berfokus konsumen
-
Sasaran
strategis
-
Peran fungsi
pemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar