tentang rohmah cipz

Foto saya
halo,^^ selamat datang di blog pribadiku "CERPEN WARNA" bisa hub aku di: https://www.facebook.com/rohmah.cipz

Sabtu, 28 Juli 2012

cerpen remaja... "ramadhan"


RINDU NENEK...
Oleh: A.R

        “lala.. sudah sore. , ayo mandi..”
“lala.. sudah waktunya makan. Ayo makan sekarang ya?”
“lala.. , ayo bangun, sholat ashar..”
        Lala termenung. Kalimat2 yang masih terngiang itu kembali memenuhi kepalanya. Di bulan ramadhan ini, ia kembali teringat kenangan ketika nenek menghembuskan napasnya yang terakhir di rumah sakit yakkum purwodadi. Tepat sehari sebelum malam takbiran, lala dan sekeluarga kehilangan orang tersabar di rumah itu...

        Lala dari kecil udah sering di rawat ama nenek. Kalo ibu dan ayahnya sibuk kerja, nenek lah yang nemenin dia belajar, berangkat ke sekolat TK nya.. , di ajak jalan2 ke pasar ama nenek, kadang juga lala nemenin nenek masak, nemanin nenek sholat duha di kamar neneknya. Kadang juga jail godain nenek, .teringat ketika nenek menyambutnya sepulang sekolah dan segera menyiapkan makan siang untuk lala. Nenek emang udah jadi nenek, tapi ia begitu enerjik dan pekerja keras. Gak pernah malas kalo untuk menyiapkan kebutuhan cucu2nya. Semua nya terngiang... kenangan itu kembali lagi.. ,
        Ramadhan tahun ini adalah ramadhan ke empat setelah nenek pergi. Yang dulu rumah selalu rame kalo lebaran, sekarang cukup sepi karena udah gak ada nenek. Dulu rame karena sodara2 pada rajin berkunjung kerumah karena ingin ketemu nenek yang super baik, tapi sekarang??? ... mereka kayak udah kehilangan semangat untuk berkunjung ke rumah lala dan keluarga. Dan itu membuatnya tambah perih...
Wajar jika akhir2 ini lala cenderung diam.. diam.. diam , dia mo crita ama siapa? Mungkin crita ini sepele untuk orang lain, tapi gak buat lala. Kisah ini sangat berarti, gak mungkin terlupakan. Dimana saat kita kehilangan seseorang yang selalu dekat dan selalu mengerti kita.. , mengerti setiap kebutuhan kita. , menghibur kala kita kesepian dan sedih. Tiba2 semua nya hilang.. bagaimana rasanya? , yang pasti jauuuuh dari hepi..


Cerpen ramadhan


        Suatu ketika, pas di rumah begitu sepi, ayah pergi karena ada urusan, ibu masih jaga toko di pasar purwodadi dan pastinya sampe sore, adik masih sekolah. Lala suntuk dirumah. Kesepian.. bener2 sepi rumah itu. apalagi kucing2 ada yang tidur, ada yang keluar entah kemana. Ditambah lagi lala ini lagi jomblo. Jadi lengkap sudah deh “cerita kesepian” nya hariini. Akhirnya ia memutuskan untuk keluar rumah.
Karena malas bawa kendaraan.. akhirnya ia jalan kaki aja. Kalo lagi suntuk, ia lebih memilih untuk jalan kaki. Masih bingung mau kemana. Tapi segera ia melangkahkan kaki ke alun-alun purwodadi. Karena disana enak untuk jalan2 sendiri, dan juga banyak terdapat pohon yang rindang untuk berteduh. Juga disebelahnya ada masjid yang pastinya adem. Cocok untuk menyendiri..
Saat masih asik dengan suara2 benaknya sendiri. Lala dikejutkan oleh suara yang cukup dikenalnya . namun agak samar2 untuk mengingatnya..
“lala..???” sapa cowok itu
“kamu... ,”lala tampak mengingat-ingat.. aha.. “kamu bagus ya? Temen SD ku dulu??” akhirnya ia teringat ama cowok imut itu.
“alhamdulillah kamu masih inget.. kog sendirian disini, lagi galau ya?hehe” canda bagus.
“kamu gak banyak berubah ya? Masih suka becanda kayak waktu sd, . hehe.. , aku suntuk dirumah. Jadi kesini deh..”
“suntuk napa tuh??”
“lagi kangen ama nenekku gus. ,, kamu masih inget nenekku gak??”
“oh iya aku inget.. , yang dulu selalu nawarin makanan kalo aku dan temen2 main kerumah mu kan?, kog kangen emang sekarang nenek mu dimana???”
“.....” lala terdiam cukup lama, . “nenekku udah lama meninggal.. , ramadhan tahun 2008 gus”  jawab lala akhirnya.
“o maaf maaf la. , aku gak tau , beneran.. ,” bagus tampak merasa bersalah.
“santai aja gus. ,, aku gak bakal marah hanya karena ini kog.. ,,” lala terlihat tegar namun gurat kesedihan masih terlihat jelas di wajahnya.
“skali lagi maaf ya la.. , . aku tau kamu pasti kehilangan banget. Nenekmu baik banget dulu. , . kalo kamu kesepian dan butuh tempat berbagi, kamu tau kan harus curhat ama siapa? Hheheh” bagus menawarkan diri.
“hehe... , trims gus.. , satu lagi yang gak berubah dari kamu. sifat apa adanya kamu kalo lagi ama cewek. Gak pernah gengsi. Aku salut.. “
“hehe...”
Akhirnya mereka memutuskan untuk jalan2 mengelilingi alun2 sambil ngobrolin masa2 smp dan sma yang sempat hilang kontak satu sama lain. Lala teringat.. di ramadhan 2008 lalu, ia emang gak hanya kehilangan neneknya, tapi juga kehilangan pacar pertamanya yang tiba2 meminta putus.. tapi sekarang.. , di ramadhan 2012, ia teringat kembali kenangan itu dan tak di sangka ketemu teman paling baik waktu sd (first love nya) , dan ia merasa tak sendiri lagi..

SELESAI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar