tentang rohmah cipz

Foto Saya
halo,^^ selamat datang di blog pribadiku "CERPEN WARNA" bisa hub aku di: https://www.facebook.com/rohmah.cipz

Minggu, 12 Agustus 2012

cerpen indahnya ramadhan 2


Indahnya Ramadhan (2)
Oleh: A.R

        Ramadhan 2012, . fika dkk : prisa, irma, ade, dira, ana. Lagi hepi2 nya merasakan suasana ramadhan yang emang hanya satu tahun sekali itu. kali ini mereka lagi asyik2nya membahas kegiatan pesantren kilat sekolahnya yang akan di adakan 4 hari berturut-turut dan jatuh pada minggu depan.

“wah.. , asik, ada pesantren kilat lagi, pasti bakal asik kayak tahun lalu ya kawan2” seru fika bersemangat.
“iya.. , kita harus SEMANGAT agar pesantren kilat tahun ini lebih ASIK dari tahun kemarin.. , oke guys???” kata prisa menyambung semangatnya fika.
“oyeeee....” seru mereka berenam bersamaan.

“kalian jangan lupa ya? , minggu depan hari senin sampai kamis ada pesantren kilat. Jangan lupa juga peralatannya dibawa seperti mukena, alquran, alat tulis, dan semua harus pakai baju muslim.. , waktunya jam 8 sampai habis maghrib. Karena pesantren tahun ini ada perubahan , kita mengadakan juga acara buka bersama. Sehingga pulangya agak malam. , tapi kalian calon penerus bangsa harus tetap SEMANGAT ya? ,, . ikuti acaranya dengan sebaik-baiknya. , dan jangan lupa selalu banyak beramal.. ,” ceramah ibu wali kelas nya fika dkk sebelum bel tanda pulang sekolah berbunyi..
“trus jumat ama sabtu itu gimana bu? Libur gak??” tanya dini,temen sekelas fika dkk.
“ya tentu saja tidak libur, kita tetap  masuk seperti biasa.. dan pelajaran seperti biasa juga” jawab bu wali kelas dengan pede dan mantap.
“yaaaaaccccchhh...” seisi kelas kompakan mendesah.
“kalian ini... , kebiasaan ya.. , semangat nya kalo di kasih berita libur. , ya sudah. Bentar lagi bel, kalian siap2 pulang ya.. “
Teeeetttt.... , semua siswa bergegas merapikan barang2nya dan segera pulang. Termasuk keenam akhwat bersahabat fika dkk. Sambil berjalan menuju pemberhentian angkot di depan sekolah, mereka tentu saja ngobrol2 bareng. Dan pastinya mereka lagi pada ngomongin tentang pesantren kilat. Karena tahun ini ada perubahan. , acaranya sampe habis maghrib. Dan ada buber. Pasti lebih ASIK..
“pesantren kilat tahun ini lebih seru ya? Ada buber nya. Pasti double ASIK bisa buber bareng2 temen satu sekolah.. , bareng guru2.. , dan tentunya bareng kalian.. hehe” kata irma..
“iya.. ,, Wow banget deh pokoknya. ,, dunia jadi terasa indah kalo kayak gini. Jadi gak ada alasan buat kita untuk gak semangat. , kita harus semangat APA PUN yang terjadi. ,, oke sobat???” seru fika
“double OKE...” \>,</
“angkot udah dateng.. ,, ayo siap2 kawan. ,,”
Seperti biasa., waktu pulang sekolah pelataran depan SMK N 1 PURWODADI emang selalu rame karena memang jalan raya. Dimana para siswa dan guru banyak yang lagi nunggu bis, angkot, ato jemputan.. siang itu terasa begitu panas dan gerah. Godaan bagi yang berpuasa.. namun jangan ditanya lagi. keenam sahabat itu pastinya selalu SEMANGAT.. menjalani hari demi hari... ^^

“eh ntar sore jadi jualan takjil di alun2 kan???” tanya fika ama sobat2nya.
“oh pastinya jadi donk... ,, “ jawab ade.
“berarti ini kita mampir dulu di pasar? , beli bahan2 ama jajanan nya??”
“siip... ,, .”
“baiklah.. capcus..” :D

        Setelah mendapatkan apa yang fika dkk cari di pasar induk purwodadi, mereka bergegas pulang untuk menyiapkan semuanya. Kali ini giliran rumah dira untuk siap2 bikin takjil. Mereka berjalan bersama dengan irama tiga-tiga melewati trotoar dan menuju rumah dira langsung. Sekalian sholat duhur dan istirahat disana.. karena jarak pasar induk ama daerah rumah mereka tuh deket, jadi mereka tak perlu naik angkot lagi, cukup dengan jalan kaki aja, lebih hemat dan sehat.. dan tentu aja mereka makin SEMANGAT.


Cerpen ramadhan


        Sesampainya dirumah dira, mereka kemudian bersama-sama sholat duhur di masjid deket rumah dira. Entah ada cahaya apa. Ketika beribadah di bulan ramadhan terasa berbeda di bulan2 biasanya. Lebih istimewa.. lebih... pokoknya sulit untuk di deskripsikan. , mungkin hanya bisa di pahami oleh hati.. setiap pribadi baik pasti bisa mengerti tanpa di beri teori terlebih dahulu.
“baiklah kawan... , sholat udah... , santai2 bentar udah. ,, sekarang saatnya untuk menyiapkan takjil untuk nanti sore. ,, . ayo kita harus segera beranjak ke rumah dira.. ,” seru ana.
“cabuuuut....”

        Alhamdulillah ketika mereka berenam bekerja sama membuat takjil, ibu nya dira mau meluangkan waktunya untuk membantu anak2 baik ini. dan  juga tak ketinggalan dion (kakak kandung laki2 dira) ikut unjuk gigi untuk bantu2, . gak tau apa motif sebenernya, bisa jadi karena ia udah lama memendam rasa ama fika, jadi ia asik2 aja merelakan waktu tidur siangnya untuk membantu dira sang adik dan temen2 membuat takjil.. terutama fika.. ehem2. ,,.
Dengan adanya bantuan dari dua orang berhati mulia, takjil jadi cepat bisa di siapkan. , jam lima tet mereka udah siap berangkat menuju alun2 purwodadi. . , mereka berjalan bersama2 menuju alun2 sambil membawa takjilan.. sore itu seperti hari2 sebelumnya. Alun2 udah rame dengan para penjual takjil dan warung2 makan, dan para pembeli yang siap menyerbu aneka takjil sambil jalan2 mengitari alun2.. sungguh sore yang indah.. ,

“kog kakak beradik itu gak keliatan ya? Biasanya kan jam segini udah ada.. ,, . kan kita bisa buber bareng lagi.. ,” kata ade.
“iya, dari tadi juga aku gak lihat kehadirannya. ,, eh aku jadi pengen tau deh dimana rumahnya. , keadaan ibunya.”
“em... , besok kan jumat sabtu minggu kita masih jualan takjil disini, berdoa aja moga bisa ketemu. . oke?” kata dira.
“oke deh... “
Cukup melelahkan hari ini bagi mereka. Namun senyum semangat tak pernah mereka ijinkan luntur dari wajah2 polos keenam akhwat yang manis2 itu..  dengan semangat 45 mereka kembali pulang kerumah masing2..
“pisah disini ya sobat?/?” kata irma.
“oke sobat.. ,, dadaa...”


Cerpen ramadhan


        Senin pagi tepatnya jam setengah delapan tet, mereka berenam udah pada kumpul di depan masjid jengglong dengan sepeda masing2. Karena pesantren kilat pulangnya habis maghrib, jadi mereka membawa sepeda karena purwodadi gak ada angkot kalo malem. , setelah lengkap semuanya. Mereka berenam alias fika dkk segera menggenjot untuk segera cabut menuju sekolah...
“pagi ini cukup dingin ya temen2??” kata irma.
“hu’um nih.. makanya aku pake jaket. ,, . eh gak pada lupa bawa peralatan yang harus kita bawa kan??” balas fika
“oh tentu saja tidak .. ,oiya fik. Kamu dapet salam dari kakak ku, mas dion..” dira tersenyum geli menyampaikan itu.
“ha? ,, . oh baiklah.. ,, waalaikum salam. , salam kembali ya?” jawab fika.
“ehem2....” mereka berlima serempak menggoda fika.
“ada apa??” tanya fika gak ngerti.
“em... apa yaaaa??? ,, cari tau ndiri deh” jawab prisa.
“hi-ih ,,
        Setelah sampe di sekolah, mereka bergegas menuju kelas.. karena bentar lagi pesantren kilat akan di mulai. Mereka berenam sangat SEMANGAT menyambut hari baik ini.

        Di acara pesantren kilat itu mereka para siswa mendapat ilmu tentang agama, tentang hal2 yang penting untuk diketahui terutama menyangkut bulan ramadhan. Mendengar ceramah2 dari para ustadz yang sengaja di undang pihak sekolah untuk memberikan pengetahuan agama, membuat para siswa lebih antusias menjalani ibadah puasa. Setelah menjalani aktifitas bersama di sekolah seperti sholat bersama, tadarus alquran, diskusi, ceramah. Akhirnya tiba saatnya untuk menyambut berbuka bersama. Mereka semua di kumpulkan di lapangan upacara karena buka bersama akan di laksanakan di lapangan upacara yang udah di kasih tikar. Dan tentu saja mereka semua dalam posisi lesehan. Dengan begitu keakraban bertambah di antara mereka. . langit senja kali ini tampak begitu terang. Dengan senyum bahagia di wajah masing2 peserta pesantren kilat.. membuat suasana jadi lebih ASIIKK...

        Setelah semuanya selesai, fika dkk bergegas untuk pulang. karena mereka masih harus mandi, dan siap2 sholat tarawih bersama di masjid dekat rumah fika dan prisa. Untung aja purwodadi jarang terjadi macet jadi mereka berenam cepat sampe ke rumah masing2.
“pisah ya teman??? , nanti habis mandi buruan menuju masjid dekat rumahku ya?” seru prisa.
“siiippp....”

        Pesantren kilat empat hari itu berakhir dengan bahagia. Di akhir acara mereka rasanya seperti ada yang telah hilang. Dan kesannya kayak gak rela pesantren kilatnya selesai. Pengenya terus ada gitu. Tapi udah di tetapkan dari sekolah hanya 4 hari untuk pesantren kilat. Habis itu sekolah lagi deh seperti biasa.. ,, huh! , . tapi untuk keenam bersahabat itu walopun mereka sempet merasa males kog pelajaran seperti biasa lagi pas hari jumat dan sabtu, tapi mereka tetap semangat menjalani hari2.. karena mereka selalu bersama dan men-support satu sama lain. Jadi gak ada alasan bagi mereka untuk gak SEMANGAT... ^^
        
Rencana mereka jumat sabtu minggu, fika dkk kembali jualan takjil di alun-alun. Dan minggu depan mereka gantian jualan di simpang lima purwodadi. Mereka harus tetap semangat dan ceria untuk menjalani semua kesibukan mulia mereka.

Besambung... :D

        

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar